Senin, 23 Maret 2015

Berkunjung ke Lereng Merapi

Tlogowatu
Hawa dingin mulai terasa. Langit berawan dan mulai pekat. Khas aroma dataran tinggi. Di kiri kanan mudah saja ku temui pohon rambutan, mangga, durian, bunga mawar putih merah dan beragam tanaman hias. Kendaraan yang kutumpangi melaju dan terus menanjak dengan belokan-belokan tajam. Hingga tibalah saya dan keluarga di desa Tlogowatu, Kemalang, Klaten. Zona terdekat dari Gunung Merapi yang termasuk wilayah Klaten.

Penduduk yang ramah. Kehidupan yang tenang dan serba sederhana. Namun berbincang sejenak dengan tokoh masyarakat di sana, rasa kagum menyeruak di hati saya. Bicara aset atau investasi masyarakat di lereng itu, Pak Pri, yang mengkoordinatori perhimpunan petani nelayan sekecamatan Kemalang, bercerita kalau hampir di tiap rumah pasti memiliki ternak yang sebagian besar sapi dan kambing. Belum kolam lele, bebek dan ayam. Pekerjaan utama masyarakat di Tlogowatu adalah bertani.


Untuk makan setiap hari, cukup dari pekarangan rumah masing-masing. Begitulah beliau mengibaratkan. Panen yang dihasilkan sangat beragam. Yah..tanah subur lereng Merapi membawa keberkahan tersendiri. Padi, jagung, buah-buahan, tembakau, sayur-mayur dan masih banyak lagi. Meski mereka harus waspada terhadap binatang pengganggu, si monyet. Yang memaksa pemiliknya rela menunggu tanaman jagung mereka tumbuh dari hari ke hari. Jika tidak..maka habislah untuk pesta keluarga monyet.

Ternyata, untuk regulasi keuntungan dari kekayaan hasil bumi dan ternak, ada trik khusus. Dengan membaca pasar, bahan mana yang sedang tinggi harga jualnya. Ataupun hasil bumi apa yang sedang dibutuhkan pasar. Seperti sederhana, namun perlu kejelian dan kecerdasan yang tidak sekedar mengandalkan feeling. Bersyukur berkesempatan hidup di bumi katulistiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Karya Pelangi

Karya Pelangi
Kumpulan kisah inspiratif dari pemenang kompetisi "Pelangi"

Panggil Aku, dengan Cinta

Panggil Aku, dengan Cinta
Kolaborasi 50 penulis cilik & para guru dari sebuah kelas inklusi.

Pandang Aku, dengan Cinta

Pandang Aku, dengan Cinta
Kolaborasi 50 penulis cilik & para guru # seri 2

KARYA BUKU

KARYA BUKU
Aurel Temanku, penggalan-penggalan kisah dalam fiksi biru 2014.

KARYA BUKU

KARYA BUKU
Judul: 110 Trik Cepat CorelDraw untuk Pemula, Gramedia, Jakarta 2008.

KARYA BUKU

KARYA BUKU
Rakhma untuk Sasa, gadis cilik dikelasku